Alternatif bahan material lain untuk atap bangunan selain kayu

Atap sebuah bangunan yang umumnya dipergunakan untuk bangunan rumah ataupun gedung biasanya adalah kayu. Namun di era yang modern sekarang ini, teknologi yang canggih telah menemukan bahan alternatif lain untuk atap sebuah bangunan pengganti kayu, yaitu baja ringan. Sesuai dengan namanya, baja ringan adalah sebuah rangkaian konstruksi untuk atap yang bahannya terbuat dari baja tetapi bobotnya ringan.

Sekarang ini sudah banyak bangunan-bangunan yang menggunakan rangka atap baja ringan. Terutama untuk perumahan-perumahan yang baru dibangun oleh developer, kebanyakan sekarang menggunakan rangka atap baja ringan. Penggunaan rangka atap baja ringan itu sendiri bisa lebih mempercantik atap bangunan karena genteng yang dipergunakan terbuat dari metal dengan warna yang bervariasi.

Untuk pemasangan rangka atap baja ringan ini, sebaiknya diserahkan pada ahlinya, karena harus dengan perhitungan yang tepat, agar rangka atapnya kuat dan bisa bertahan dengan baik. Jika salah dalam penghitungannya, maka rangka atap baja ringan ini bisa berlubang dan tidak tertutup sempurna serta tidak dapat bertahan dengan baik. Dan untuk penggunaan gentengnya sebaiknya tidak menggunakan genteng yang terbuat dari tanah liat, karena bisa membebani atap. Sebaiknya gunakan genteng yang terbuat dari bahan metal, yang sekarang ini sudah banyak tersedia di toko-toko bangunan dengan berbagai macam warna yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita.

Dengan menggunakan rangka atap baja ringan ini, kita bisa menikmati kelebihan-kelebihannya, antara lain yaitu bangunan cenderung akan lebih kuat dan tahan lama, kenapa???…karena kita tidak perlu khawatir lagi atap rumah kita akan keropos dimakan rayap. Selain itu untuk pemasangannya bisa lebih cepat, karena dikerjakan oleh ahlinya. Rangka baja ini juga cenderung ringan, maka tidak membebani atap bangunan. Kemudian rangka baja ini tahan api, sehingga tidak akan menimbulkan kebakaran dan juga tidak akan menyebarkan api bila terjadi kebakaran.

Tidak seperti rangka atap yang terbuat dari kayu, jika kita menggunakan rangka atap baja ringan, kita tidak bisa membuat ukiran-ukiran yang mempunyai nilai seni untuk mempercantik interior rumah. Dan sedikit kesalahan penghitungan dalam pemasangan rangka atap baja ringan ini, akan memberikan dampak yang kurang baik pada kerangka atapnya.

Related Posts:

Penyebab dan cara mengatasi keramik lantai yang menggelembung

Kategori jasa yang CV. Raftran Mandiri Lestari di antaranya adalah...

Tiga perbedaan marmer dengan granit

Tentunya banyak yang sudah mengetahui secara umum batuan marmer dan...

Kelebihan dan kekurangan kontraktor dan pemborong

Di jaman sekarang membangun atau renovasi rumah bisa dilakukan dengan...

error: Content is protected !!